Bagi kebanyakan pria pergi ke tempat gym untuk mengurangi berat badan, membangun fisik yang baik dan menjernihkan fikiran. Untuk beberapa orang, gimnasium adalah tempat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau ketangkasan, seperti peningkatan kecepatan berlari untuk bermain sepak bola atau meningkatkan kekuatan fisik untuk merobohkan dinding batu besar.

Bagi kalian yang rutin ke gym selain memperoleh manfaat diatas ada aspek dibilang lebih penting yaitu aspek kebugaran yang tidak hanya akan membuat kalian menjadi lebih lincah tetapi meningkatkan daya tahan kesehatan secara keseluruhan.
Ibarat kalian sebelum lari maraton. kalian akan meningkatkan stamina, meningkatkan lari lebih cepat dan lebih kuat.


















Mengapa Pelatihan Daya Tahan Diperlukan ? 

Ada banyak manfaat stamina dan pelatihan ketahanan. Jika kalian mendaftar untuk balapan jarak jauh atau mengejar PB baru, pelatihan ketahanan tentu saja sangat penting, tetapi Anda tidak perlu menghabiskan separuh hidup Anda di Strava untuk mengetahui manfaatnya.

Tidak hanya memperkuat otot dan tulang karena peningkatan kepadatan dari pekerjaan konstan yang mereka lakukan, itu juga meningkatkan ambang rasa sakit Anda, akan meningkatkan kualitas tidur Anda karena kelelahan, dan akan menguatkan tekad mental Anda ketika datang ke persepsi diri , pelatihan dan kemampuan Anda untuk mencapai tujuan.
Selain itu, fokus pada daya tahan Anda akan membantu meningkatkan sistem peredaran darah dan sistem pernapasan tubuh, serta membantu mengatur tekanan darah. Ini dapat mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh lemahnya tulang, otot, dan masalah sirkulasi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pelari secara signifikan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung daripada bukan pelari, Sementara itu, berolahraga secara teratur dapat meningkatkan keterampilan kognitif dan fungsi saraf kalian untuk mempertahankan dirinya lebih baik seiring bertambahnya usia menurut penelitian lain.

Dan itu belum semuanya. Membangun daya tahan kalian dapat membantu membakar lemak, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Meskipun secara umum bahwa pilihan makananlah  faktor utama untuk menurunkan berat badan dan aktivitas harian tubuh yang berperan mempercepat metabolismenya. 


Apakah latihan ketahan Membantu Latihan Beban?

Peningkatan stamina dan daya tahan memberi tubuh kalian kemampuan untuk ketahanan otot untuk menerima banyak tekanan, sementara ambang kekuatan otot dapat dilakukan dengan terus latihan.
Singkatnya, kalian akan menjadi lebih bugar dan lebih kuat dengan meningkatkan latihan melalui batasan kekuatan kalian. meningkatkan latihan dapat membuat tubuh kalian menjadi lelah dan akibatnya kalian akan tidur lebih lama. Karena istirahat sangat penting untuk pemulihan otot.

Bagaimana Saya Memulai?

"Konsistensi adalah kunci," “Kalian harus terlibat dalam sesi pelatihan yang memiliki beberapa latihan hal yang sama setiap minggu. Sebagai contoh, jika kalian hanya ingin mengerjakan otot tangan, kalian menjadikan ini sebagai titik fokus pelatihan kalian harus memprioritaskan.

Seperti jika kalian akan melakukan maraton, triknya adalah untuk perlahan-lahan meningkatkan kemampuan jarak kalian, tetapi juga meningkatkan kemampuan kalian untuk menjaga kecepatan jarak pada waktu yang sama.

Beberapa latihan dapat dilakukan sebelum maraton :

1. Jalankan Lebih Jauh Dari Waktu Ke Waktu
Untuk secara bertahap meningkatkan stamina kalian, misalnya, jalankan 1 kilometer setiap hari selama seminggu, lalu tambahkan lagi 250 meter pada minggu berikutnya, 250 minggu berikutnya, dan seterusnya.

2. Jalankan Lebih Cepat Dari Waktu ke Waktu
Kalian juga perlu berlatih berlari jarak yang lebih pendek dengan kecepatan yang lebih besar untuk meningkatkan dan mempertahankan kapasitas kecepatan kalian.
“Naik treadmill dan mulai dengan kecepatan 10 km / jam selama lima menit pemanasan. Kemudian, tambah kecepatan 0,5 km setiap 30 detik hingga kalian tidak dapat menambah kecepatan lagi. awalnya mungkin kalian tidak akan berhasil tetapi memaksakan diri kalian melalui setiap sesi lain dan kalian akan melihat daya tahan tubuh kalian meningkat dengan cepat.


3. Angkat Lebih Berat dan lebih Lebih Lama
Jika kalian menggunakan pemberat atau berbel, sesuaikan dengan berat tertentu dan lakukan selama seminggu, tambah latihan kalian minggu berikutnya dengan menambah bobot atau menambahkan repetisi tambahan per set.
“kalian perlu merencanakan program latihan yang bagus. Jangan mencoba mengangkat terlalu berat dengan cepat. Untuk dada, kalian mungkin mulai dengan dua dumbel seberat 20 kg kemudian sesi berikutnya coba 22.5 kg kemudian gunakan 22.5kg untuk pemanasan dan coba 25 kg untuk latihan sesungguhnya, dan seterusnya. lakukan ini sekitar sebulan atau lebih kalian akan mendapatkan hasil maksimal yang bertahap dan mengurangi risiko cedera.



Bagaimana Saya Dapat Meminimalkan Risiko Cedera?
Yang paling penting untuk diingat adalah jangan memaksakan tubuhmu terlalu keras sebelum tubuhmu siap. Keselamatan harus selalu diutamakan meskipun fokus pada peningkatan ukuran dan kekuatan otot yang menjadi prioritas tetapi melakukan latihan yang beresiko dapat menyebabkan cedera pendek atau bahkan jangka panjang.
Sebuah pemanasan ringan disarankan diikuti dengan 10 menit peregangan dinamis (melalui gerakan) untuk mengaktifkan otot sebelum berolahraga , seperti 5 menit pendinginan dan 15 menit latihan peregangan statis (tidak bergerak).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama