Bagaimana mengikat sepatu yang benar ? Jenis-jenis ikatan sepatu ? 



Coba kalian tanyakan kebeberapa pria apa elemen untuk menunjang gaya mereka, pasti diantara mereka tidak ada yang menyebutkan tali sepatu. Lalu seberapa pentingkah tali sepatu menunjang gaya kalian ?? 


Seutas tali yang sering kalian abaikan adalah bagian penunjang gaya kalian selain fungsinya agar sepatu kalian tidak lepas, kalian dapat memanfaatkannya sebagai cara untuk menambahkan dimensi gaya pada sepatu kalian. Sadar kah kalian beberapa jenis sepatu memiliki aturan mengikat tali sepatu yang berbeda, pelajari beberapa metode mengikat tali sepatu sehingga kalian dapat memilih yang sesuai dengan jenis sepatu kalian.

Dibawah ini ada beberapa metode mengikat tali sepatu, kalian dapat memilih yang sesuai dengan jenis sepatu kalian.

1. Simpul Silang

Cara ini adalah cara paling umum untuk mengikat sepatu, simpul silang yaitu memasukkan simpul tali melalui lubang tali bawah dengan menyilang, menyisakan panjang yang sama di setiap sisi, dan secara bertahap merambah ke setiap lubang tambahan, satu sisi pada satu waktu, hingga kalian mencapai bagian atas.
Langkah :
  1. Kedua ujung tali harus dimasukkan ke bawah melalui dua lubang tali di bawah, sehingga panjangnya sama.
  2. Ambil tali kiri dan letakkan ke bawah melalui bagian atas lubang kedua di sebelah kanan. kemudian buat menyilang.
  3. Lakukan persis sama dengan tali lainnya dan masukkan ke bawah melalui bagian atas lubang berikutnya di sebelah kiri.
  4. Lanjutkan mengikat tali dengan cara ini, satu sisi pada satu waktu dan ingat untuk meletakkan setiap tali pada bagian atas setiap lubang.

2. Simpul Zig Zag

Pernah kalian menggunakan sepasang sepatu formal tertutup,  kebanyakan jenis sepatu Oxford dan sepatu bergaya kantoran dengan simpul dengan metode ini akan terlihat bersih dan rapi dari atas karena simpul tertutup oleh penutup sepatu.
Tali berjalan lurus dari lubang ke lubang di bagian atas sepatu, sementara pola zig-zag di bawahnya memungkinkan mereka untuk dikencangkan dengan mudah.

Langkah :

  1. Masukkan kedua ujung tali ke bawah ke masing-masing lubang bawah.
  2. Ambil tali kiri dan masukkan ke atas dan melalui lubang kanan bebas berikutnya.
  3. Ambil tali kanan dan letakkan di atas dan melalui lubang ketiga di sebelah kiri, lewati yang kedua. Seharusnya sekarang ada lubang kosong di sisi kiri.
  4. Masukkan apa yang sekarang menjadi renda kanan ke bawah ke dalam lubang yang bebas ini, yang seharusnya berada tepat di seberangnya.
  5. Ikuti proses ini sampai selesai, ulangi langkah-langkah di atas untuk setiap tali.

3. Simpul Silang Atas

Metode simpul ini sangat cocok untuk sepatu olah raga karena memudahkan kalian untuk mengencangkan atau melonggarkan sepatu ketika kalian aktif bergerak.

Mulailah sama seperti yang kalian lakukan ketika membuat simpul silang, tetapi alih-alih naik ke lobang berikutnya dan di atas, pergi di bawah. Setelah itu, lanjutkan dari atas ke atas set mata ikan berikutnya dan terus bergantian dalam pola ini sampai Anda mendapatkan ke atas.

Langkah :

  1. Masukkan kedua ujung tali dari bawah ke masing-masing lubang bawah sama rata.
  2. Kemudian masukan tali kanan menyilang ke kiri di atasnya melalui lubang bagian bawah ke atas.
  3. Berikut lakukan hal yang sama untuk tali kiri ke kanan melalui lubang bagian bawah ke atas.

5. Simpul Lurus

Kalian yang ingin tali rapi dan tidak berantakan maka ini mungkin metode mengikat tali sepatu yang kalian cari. 
Tali berjalan langsung dari lubang ke lubang, secara horizontal melintasi bagian atas sepatu. Semua masukan tali berjalan dari bawah dan atas tidak ada yang menyilang sehingga masih bisa di rongarkan atau dikencangkan walaupun sedikit berat.

Langkah :

  1. Masukkan kedua ujung renda ke bawah melalui dua lubang bawah, dengan panjang yang sama pada tali kiri dan kanan.
  2. Melihat ke bawah pada sepatu, masukkan renda kiri ke atas dan melalui lubang tangan kanan berikutnya, dengan ujungnya menunjuk ke langit-langit.
  3. Sekarang pasang renda kanan dan melalui lubang ketiga di sebelah kiri, lewati yang kedua. Seharusnya sekarang ada lubang kosong di sisi kiri.
  4. Ambil apa yang sekarang renda kanan dan silangkan, masukkan ke bawah melalui lubang kosong di sebelah kiri. Ini akan membuat garis lurus lainnya, mencerminkan yang pertama.
  5. Lakukan persis sama dengan renda tangan kiri dan silangkan, masukkan ke bawah melalui lubang kosong di seberangnya. Anda sekarang harus memiliki tiga batang.
  6. Teruslah mengikat tali dengan cara ini, silangkan setiap renda ke sisi yang berlawanan untuk membuat batang baru sampai Anda mencapai puncak.

5. Simpul Lurus tanpa Ikat

Jika tidak mengenakan celana dalam tidak lagi memberi Anda sensasi yang Anda butuhkan maka mengapa tidak pergi lebih komando dengan mengadopsi teknik hantaman yang diilhami militer ini saat berikutnya Anda memakai sepatu bot Anda?



Bagus untuk mengikat sepatu dengan cepat, salah satu ujung renda secara permanen berlabuh di lubang bawah, berjalan dalam pola bentuk 'S' yang terhubung di bagian depan sepatu bot dan ujung lainnya digunakan untuk mengikat dalam simpul di teratas.


Langkah :

  1. Ikat simpul di salah satu ujung renda, sebelum menempatkan ujung yang tidak diikat ke atas dan melalui lubang kanan bawah sampai simpul diajarkan di bawah vamp.
  2. Ambil ujung yang tidak diikat dan jalankan lurus melalui lubang bawah yang berlawanan.
  3. Sekarang letakkan di atas dan melalui lubang tepat di atasnya sebelum menyeberang lagi ke bawah dan melalui lubang yang berlawanan.
  4. Ulangi langkah ini di setiap lubang sampai Anda mencapai bagian atas. Sekarang ikat simpul stopper lain untuk mengikatnya.

Pertimbangan Memilih Jenis Tali Sepatu

Tidak sesederhana itu bukan dalam masang tali sepatu, karena jenis sepatu dan gaya simpulannya akan berbeda untuk mencocokan dengan jenis sepatu tersebut. Disamping berbeda dalam metode simpulan tali sepatu kalian perlu mempertimbangkan jenis tali sepatunya.
Berikut ini pertimbangan memilih tali sepatunya :

Bentuk
Ketika kalian akan menganti tali sepatu perlu mempertimbangan jenis sepatu yang akan kalian pasangankan dengan tali sepatu tersebut.
Jika sepatu itu formal maka idealnya kalian harus mengunakan tali berbentuk bundar dengan warna senada atau kalian mau lebih berani dengan warna coklat tua maupun warna anggur tua yang sekiranya tidak terlalu kontras dengan sepatunya.
Untuk sepatu sport atau olah raga kalian dengan bebas memadu padankan warna dan bentuknya sesuai keinginan kalian.

Panjang
Panjang tali sepatu sebaiknya pas ketika diikatkan tidak berlebihan sehingga mengganggu ketika berjalan tetapi beberapa sapatu sepak bola ada yang sengaja memberikan panjang lebih yang digunakan untuk mengikat kaki ke bawah sehingga sepatu tidak mudah terlepas ketika menendang.

Lebar Tali
Lebar tali sepatu begitu tren pada zaman 80 an dengan beberapa tulisan pada talinya namun sekarang tali sepatu yang lebar malah merusak model sepatunya sendiri, selalu gunakan tali sepatu dengan lebar kurang dari 1 cm.

Warna
Sebaiknya gunakan warna senada dengan sepatunya atau gunakan warna corak pada sepatu sehingga masih terbilang tidak terlalu kontras. Hindari warna-warna neo pada tali sepatu kalian kecuali memang itu modelnya.

Material
Mungkin beberapa orang tidak peduli material tali sepatunya karena fokus pada sepatunya saja padahal material tali sepatu berpengaruh eratnya simpul dan ikatan tali sepatu.
Untuk negara-negara yang meiliki musim dingin, kalian lebih baik mempertimbangkan tali lilin atau Kevlar, sementara sebagaian besar tali sepatu terbuat dari kapas atau nilon.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama